3 cara membuat cetakan lembut dengan tinta plastisol

IJ Start Canon

Cetakan tangan yang halus paling baik diperoleh dengan tinta berbahan dasar air, tetapi juga dapat dilakukan dengan tinta plastisol. Di antara tinta yang Anda pilih untuk digunakan, pakaian yang Anda cetak, dan aditif tinta yang tersedia, dimungkinkan untuk mendapatkan cetakan plastisol yang lembut. Mari kita lihat tiga cara membuat cetakan tangan yang lembut dengan tinta plastisol.

seorang pria meletakkan tinta plastisol putih di layar

METODE #1: PILIH TINTA PLASTIK LEMBUT

Cara termudah untuk mendapatkan plastisol lunak adalah mencetak dengan plastisol, yang secara inheren lebih lembut. Ada berbagai jenis resin dan masing-masing memiliki sifat yang berbeda. Untuk keperluan blog ini, mari fokus pada tinta yang mengandung resin lebih lembut.

Tinta resin lembut berarti akan lebih lembut pada garmen. Tinta seperti FN-INK memiliki resin lentur yang membuatnya lembut saat dicetak. Tapi sebelum Anda mengambil tinta paling lembut di rak, lihat apa yang Anda cetak. Tidak semua cetakan bekerja paling baik dengan tinta lembut.

Apakah Anda mencetak pada kaos olahraga yang memiliki kontak abrasif? Anda akan menginginkan tinta yang lebih tahan lama. Tinta atletik sangat ideal untuk jenis garmen ini karena memiliki resin yang kurang menghasilkan dan tahan terhadap abrasi. Untuk kemeja yang pemakainya tidak akan mengalami masalah, tinta yang lembut seperti FN-INK sangat cocok.

TERKAIT: 5 PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN TENTANG TINTA FN-INK PLASTISOL

METODE #2: JUMLAH MESH LEBIH TINGGI

Jumlah jaring yang lebih tinggi menyimpan lapisan tinta yang lebih tipis. Lebih sedikit tinta pada kaos menciptakan kesan cetak yang lebih lembut. Saringan dengan ukuran jaring antara 200-305 dan alat pembersih yg terbuat dr karet keras bisa digunakan. Kekurangan dari cara ini adalah printing biasanya tidak menghasilkan lapisan tinta yang tahan lama sehingga menumpulkan serat-serat kaos. Saat mencetak lapisan tipis tinta, Anda menggunakan tinta secukupnya untuk menutupi bagian atas serat kemeja, tetapi tidak cukup untuk menjembatani tenunan kemeja dan mengunci serat yang lepas ke dalam benang.

Misalnya, Anda mencetak teks hitam pada kemeja putih. Setelah beberapa kali pencucian, Anda mungkin memperhatikan bahwa tinta mulai berubah menjadi abu-abu dan tepi hasil cetak mulai buram. Tidak ada yang salah dengan tinta atau pencetakan. Serat non-anyaman kemeja menjadi longgar akibat pencucian dan mulai merembes melalui cetakan, menunjukkan tampilan abu-abu kabur.

Pada akhirnya tergantung pada apa yang diinginkan pelanggan. Apakah tidak apa-apa jika cetakannya vintage dan terlihat sedikit pudar? Jika demikian, pencetakan tinta plastisol untuk pencetakan tangan halus akan menjadi jalan yang bagus untuk dikejar. Jika pelanggan menginginkan warna cerah dan solid pada pakaian medium-gelap hingga gelap, Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk mendapatkan warna cerah dengan kesan lembut.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah warna dalam cetakan. Untuk desain multi-warna, Anda ingin mencetak basah-basah untuk mempertahankan ketipisan tinta. Selama proses pencetakan, tinta membungkus di dalam dan di sekitar serat kaos, memungkinkan kaos bergerak bebas mengikuti badan.

TERKAIT: BAGAIMANA CARA MEMILIH JUMLAH MESH YANG TEPAT UNTUK PEKERJAAN

Seorang pria berdiri di depan percetakan dan mencetak tinta putih di kemeja putih

MEMBUAT BIAYA TINTA YANG LEBIH TIPIS

Saat Anda mencetak, Anda mungkin memperhatikan bahwa serat-serat kaos tidak tertahan dengan baik. Saat tinta mengenai kaos, layar mungkin sedikit menempel di kaos. Saat layar diangkat, sebagian serat cenderung tercabut, sehingga hasil cetak terlihat buram. Ada beberapa cara untuk menghilangkan fuzzies.

Jika Anda menggunakan mobil, menghaluskan cetakan menjadi mudah karena Anda memiliki banyak alat untuk dipilih, seperti setrika. Setelah cetakan berkedip, setrika akan bergerak bolak-balik melintasi kaos dan tinta. Panas dari setrika akan mendorong serat kembali ke baju dan tinta. Hasil cetak yang sudah jadi akan sehalus mentega dan sangat halus. Jika Anda memiliki alat pres panas di toko Anda, itu juga akan berfungsi dengan baik. Peralatan top seperti Stampinator akan melakukan pekerjaan untuk Anda juga.

Cara lain untuk mendorong serat kembali ke dalam kemeja adalah dengan menggunakan layar penghalus. Untuk membuat mesh halus, pilih mesh dengan jumlah mesh 230 atau lebih tinggi. Lapisi dengan emulsi dan paparkan tanpa gambar apa pun. Setelah terbuka, letakkan layar di atas pers dan gunakan segera setelah mem-flash tinta. Anda ingin menaruh beberapa pelumas di layar. Pelumas ini bisa berupa peredam yang mengeras, minyak mineral atau petrolatum. Karena panasnya tinta yang baru saja di-flash, tinta apa pun pada layar smoothing mungkin akan mengering, jadi Anda membutuhkan pelumas non-tinta. Untuk layar penghalus, Anda memerlukan squeegee yang lebih kaku untuk memastikan semua serat didorong kembali ke dalam kaos.

TERKAIT: CARA MENCETAK FN-INK™ PUTIH PADA KEMEJA HITAM DENGAN SCREEN SMOOTHING

TEKANAN WIPER

Tekanan squeegee yang Anda gunakan juga memengaruhi kesan cetakan. Mirip dengan jalur jumlah jahitan yang lebih tinggi, Anda mencoba mengoleskan tinta secukupnya untuk menutupi bagian atas serat kemeja. Terapkan tekanan yang cukup untuk membuat tinta membersihkan layar.

Mempertahankan tekanan squeegee yang konstan pada hand press itu sulit. Pada sebuah mesin, pencetak dapat mengatur tekanan dan menghasilkan ratusan kaos yang terlihat persis sama. Jika Anda mencetak manual, Anda mungkin ingin mengatur parameter untuk pelanggan Anda, seperti jumlah kemeja dan/atau jumlah warna. Semakin banyak Anda perlu mencetak, semakin besar kemungkinan akan ada ketidakkonsistenan.

TERKAIT: APAKAH ANDA HARUS MENEKAN ATAU MENARIK STROKE SAAT SABLON?

tangan menuangkan peredam yang bisa disembuhkan ke dalam wadah pencampur menggunakan spatula

METODE No. 3: TINTA TAMBAH

Ada banyak aditif tinta yang membuat tangan terasa lembut. Jenis aditif ini membuat tinta plastisol sangat halus dan lembut, seperti rasa yang dihasilkan oleh tinta berbahan dasar air. Pikirkan resin tinta sebagai penguji kekerasan alat pembersih yg terbuat dr karet. Kekerasan sekop akan menentukan seberapa fleksibel sekop itu. Alat pembersih yg terbuat dr karet dengan kekerasan 70 akan seperti tinta plastisol biasa. FN-INK, di sisi lain, akan lebih seperti alat pembersih yg terbuat dr karet dengan kekerasan 65: lebih lentur dan dapat ditekuk lebih jauh. Basis lembut di tangan seperti alat pembersih yg terbuat dr karet dengan kekerasan 60. Seharusnya memberi banyak fleksibilitas. Tinta akan menjadi sangat lembut.

Bisakah Anda menggunakan peredam yang dapat disembuhkan untuk membuat tinta lebih lembut? Kamu bisa! Menambahkan peredam yang dapat disembuhkan ke tinta akan membuat tangan lebih lembut dan bagus untuk membuat cetakan vintage. Meskipun bukan bahan khusus untuk tangan yang lembut, seperti yang dikatakan Bob Ross, ini adalah “kecelakaan yang membahagiakan”. Perasaan lembut menggunakan zat pereduksi yang dapat disembuhkan dalam tinta adalah produk sampingan yang tidak disengaja dari pengurangan ketebalan tinta.

TERKAIT: REDUCER TERSEMBUNYI, ADDITIF TANGAN LEMBUT, DASAR EKSTENSI: APA PERBEDAANNYA?

GUNAKAN DASAR DISCHARGE

Ada cara lain untuk membuat cetakan lembut. Cetak dasar pelepasan sebagai alas bawah dan cetak tinta plastisol di atasnya. Basis pelepasan akan menciptakan rasa yang lebih lembut. Jika ternyata garmen tidak terkuras dengan baik dan beberapa warna kemeja memengaruhi hasil cetak, Anda dapat membuat bahan dasar yang terdiri dari 80% dasar saluran air dan 20% tinta saluran air putih. Menciptakan warna susu yang menutupi warna baju.

Kiat pro: Tertarik untuk mencetak tinta debit? Debit hanya boleh dicetak jika toko Anda memiliki pengering konveyor. Selama proses pengawetan, formaldehida dan belerang bergabung membentuk molekul inert. Molekul ini dilepaskan ke udara, jadi memiliki ruang tertutup (pengering transportasi) penting karena memungkinkan molekul melakukan tugasnya tanpa merugikan Anda.

TERKAIT: KAPAN MENGGUNAKAN TINTA CETAK (DAN KAPAN TIDAK)

gambar yang diperbesar dari serat kemeja katun ringlet

BAGAIMANA JENIS PAKAIAN MEMPENGARUHI RASA DI TANGAN

Bukan rahasia lagi kalau tidak semua kemeja sama lembutnya. Dua kemeja katun yang populer adalah ujung terbuka yang digaruk dan dicincin. Ujung terbuka yang digaruk lebih ekonomis, tetapi terasa lebih besar dan tidak selembut itu. Kapas ringpun jauh lebih lembut karena terbuat dari benang yang lebih lembut.

Saat memilih pakaian, pastikan pakaian tersebut memiliki nuansa lembut yang Anda inginkan. Anda dapat mengambil setiap tindakan pencegahan untuk membuat hasil cetakan menjadi lembut, tetapi jika garmen kasar, itu tidak akan memberikan efek yang diinginkan.

TERKAIT: 20+ Ketentuan T-Shirt YANG HARUS DIKETAHUI SETIAP PRINTER

cetakan robot vintage dengan tinta plastisol

Ada banyak cara untuk membuat cetakan plastisol yang lembut. Saat mencoba sesuatu yang baru, selalu uji sebelum memulai produksi. Satu metode yang Anda pikir akan berhasil mungkin tidak menjadi yang terbaik. Atau mungkin Anda hanya perlu berlatih untuk menyempurnakan prosesnya. Cobalah beberapa opsi ini dan pilih yang terbaik untuk Anda.