Apa itu tinta berbahan dasar air dalam sablon?

IJ Start Canon

Apa itu tinta berbasis air? Apa yang membuatnya menjadi tinta yang diinginkan untuk printer layar? Jawaban dasarnya adalah tinta berbasis air menggunakan air sebagai dasarnya. Tampaknya cukup jelas, bukan? Masih banyak yang perlu diketahui tentang tinta berbahan dasar air selain hanya bahan dasarnya saja. Mari selami dan bicarakan tentang apa itu tinta berbasis air dan bagaimana printer dapat memanfaatkannya secara maksimal.

printer bersandar di atas mesin cetak dan mencetak tinta hitam berbahan dasar air

APA BEDANYA?

Tinta berbahan dasar air menggunakan air sebagai bahan dasar pelarut alih-alih bahan peliat seperti tinta plastisol. Tinta berbahan dasar air akan mengaplikasikan lapisan tinta yang tipis, lembut, dan fleksibel pada pakaian. Anda dapat mencetak lapisan tipis tinta yang bertahan bahkan setelah pencucian berkali-kali. Setelah pencetakan selesai, Anda dapat membersihkan dengan air atau bahan pembersih serupa seperti SgreenĀ® Aquawash. Dengan menggunakan sedikit atau tanpa bahan kimia, Anda dapat mengurangi jejak ekologis Anda.

Mencetak dengan tinta berbahan dasar air bukanlah hal mudah. Karena tinta berbahan dasar air mengandung air, tinta akan mulai menguap segera setelah terkena udara. Jika Anda istirahat, bersihkan area gambar sebelum Anda pergi. Sadar akan waktu dan energi Anda. Namun, Plastisol tidak mengering seperti tinta berbasis air. Karena alasan ini (dan beberapa lainnya akan kita bahas nanti), tinta berbahan dasar air mungkin tidak cocok untuk semua printer dan semua toko.

TERKAIT: PLASTISOLM PRINTING VS. TINTA BERBASIS AIR

APAKAH CETAK AIR UNTUK SAYA?

Tinta berbasis air lembut dan fleksibel pada pakaian. Dengan lapisan tipis tinta yang meresap ke dalam kaos alih-alih menempel di kain, ini adalah pilihan tepat untuk cetakan mode dan setiap pelanggan yang menginginkan cetakan halus.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat mencetak dengan tinta berbahan dasar air. Karena tinta berbahan dasar air, pencetakan paling baik dilakukan di tempat dengan kelembapan tinggi. Tinta akan mengering di layar dan akan lebih cepat kering di area yang kering. Sebaiknya cetak juga di toko yang dapat mengontrol kelembapan. Misalnya, obral garasi di Florida akan lebih mudah mencetak dengan tinta berbahan dasar air daripada obral garasi di Arizona.

Seperti disebutkan, tinta berbasis air membutuhkan aliran udara untuk menyembuhkan. Aliran udara ini menciptakan flash udara paksa atau pengering konveyor, yang merupakan perangkat sempurna untuk mengeringkan tinta berbahan dasar air. Toko yang tidak memiliki anggaran atau ruang untuk pengering udara paksa dapat menggunakan pengering biasa dan/atau Penggerak Warp, tetapi perlu melakukan banyak pengujian untuk memastikan tinta benar-benar kering.

TERKAIT: APAKAH WATERPRINT TEPAT UNTUK ANDA?

tangan memegang seember tinta berbasis air hitam

TINTA CURING BERBASIS AIR

Tinta berbahan dasar air membutuhkan aliran udara untuk menguapkan air di dalam tinta sebelum tinta dapat mengering dengan baik. Menggunakan pengering udara paksa atau pengering konveyor dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan ini. Dengan pengering udara paksa, kipas di bagian belakang pengering mendorong udara hangat ke atas cetakan dan menguapkan air dari tinta sehingga dapat mengering.

Pengering dengan sirkulasi udara paksa memiliki dua zona elemen pemanas. Zona pertama adalah zona flash, yang memanas dengan cepat dan menjadi 50% lebih panas daripada bagian pengering lainnya. Ini dengan cepat menguapkan air dari tinta berbahan dasar air dan kemudian bertahan lebih lama di zona kedua pada suhu pengawetan.

tangan menambahkan Warp Drive ke wadah tinta

TINTA DAN ADDITIF BERBASIS AIR

Selain berbagai jenis tinta berbahan dasar air, Anda dapat melakukan penyesuaian lebih lanjut dengan menambahkan bahan tambahan tertentu pada jenis tinta berbahan dasar air apa pun yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa efek populer yang dapat ditambahkan printer ke tintanya.

TAMBAH KHUSUS

Warna cetak memang bagus, tetapi terkadang Anda ingin menjadi kreatif. Jika Anda ingin menambahkan sedikit tambahan pada cetakan Anda, gunakan tinta efek khusus berbahan dasar air. Mulai dari tinta mengkilap seperti emas dan perak hingga efek 3D seperti aditif. Jadikan cetakan Anda menonjol dengan tinta dan aditif ini.

Lebih banyak tinta dan aditif khusus membantu printer berbasis air melakukan lebih banyak hal dengan tinta di rak mereka. Ambil inti peregangan misalnya. Inti peregangan membantu tinta menjadi lebih fleksibel pada pakaian yang melar seperti Lycra. Nosel waktu terbuka membuat tinta berbasis air tetap basah di layar lebih lama.

Menyembuhkan tinta berbahan dasar air bisa sedikit rumit. Untung ada beberapa bahan untuk membantu.

tangan bersarung membuka tutup inti peregangan

PENGOBATAN AIDS

Tidak punya pengering udara paksa? Masih ada cara untuk menyembuhkan tinta berbahan dasar air secara andal.

Cara paling populer untuk mengeringkan tinta berbahan dasar air tanpa pengering udara paksa adalah dengan menggunakan pengering biasa dan beberapa Warp Drive. Warp Drive adalah aditif tinta yang menyembuhkan tinta berbahan dasar air secara kimiawi selama 48 jam. Cukup campurkan ke dalam tinta dengan berat 1,5%, cetak tinta seperti biasa dan gunakan metode curing favorit Anda. Warp Drive memastikan bahwa tinta mengering secara kimiawi.

Bahan lain yang membantu penyembuhan adalah Fixator NFO. Aditif ini menurunkan suhu pengawetan tinta berbahan dasar air dan membantu meningkatkan daya tahan luntur pigmen. Tinta berbahan dasar air mungkin sulit untuk ditangani, tetapi dengan sedikit bantuan, Anda dapat mencetak dan menyembuhkannya dengan percaya diri.

TERKAIT: LAKUKAN LEBIH BANYAK DENGAN TINTA BERBASIS AIR DENGAN 3 ADDITIF KHUSUS BARU

seember tinta warna berbahan dasar air berada di atas timbangan, dengan sistem pencampuran Fusion di belakangnya

Ada banyak informasi tentang mencetak dengan tinta berbahan dasar air: mendapatkan obat terbaik, mencetak di atas kertas dan kotak, dan masih banyak lagi. Aturan praktis terbaik? Jika Anda tertarik untuk mencelupkan jari kaki Anda ke dalam cetakan berbahan dasar air, cobalah! Eksperimen untuk melihat apakah tinta berfungsi untuk toko dan proses Anda.